Tuesday, December 1, 2009

Matlab (Matrix Laboratory)

Matlab merupakan bahasa pemrograman yang handal untuk komputasi teknik. Matlab merupakan suatu sistem interaktif yang basis datanya berupa larik (array).

Matlab terdiri atas enam bagian yaitu:

1. Bahasa Pemrograman Matlab
Bahasa pemrograman Matlab merupakan bahasa matriks aras tinggi yang dilengkapi fitur pernyataan kendali aliran (control flow statement), fungsi-fungsi (functions), struktur data (data structures), I/O (input/output), dan pemrograman berorientasi objek. Aplikasi Matlab ditulis dalam bentuk m-file.

2. Lingkungan Kerja Matlab
Lingkungan kerja Matlab berisi himpunan perangkat (tools) yang dapat dipergunakan oleh pemrogram. PErangkat tersebut menyediakan fasilitas untuk mengatur peubah-peubah, impor dan ekspor data serta pencarian kesalahan (debugging).

3. Grafik
Matlab menyediakan fasilitas grafik 2-D dan 3-D untuk visualisasi data,  pengolahan citra, animasi dan presentasi, serta perintah-perintah tingkat-rendah (low-level commands) untuk membuat GUI (Graphical User Interface) pada aplikasi Matlab.

4. Library Fungsi-Fungsi Matematis
Matlab menyediakan fungsi-fungsi matematis siap pakai. Mulai dari fungsi-fungsi dasar (misalnya sum, sin, cos), aritmetika bilangan kompleks, sampai fungsi-fungsi yang lebih rumit (misalnya: inversi matriks, nilai eigen, fungsi Bessel, FFT).
 
5. Matlab API (Application Program Interface)
Matlab API adalah suatu library yang memungkinkan pengguna yang menulis program dalam bahasa C atau Fortran dapat berinteraksi dengan Matlab. Fasilitas yang disediakan meliputi pemanggilan rutin program dari Matlab (dynamic linking), memanggil Matlab sebagai mesin hitung, serta membaca dan MAT-file.
 
6. Toolbox
Matlab menyediakan sejumlah toolbox, yaitu pengembangan dari fungsi dasar Matlab. Toolbox dapat berupa penambahan library fungsi untuk topik-topik tertentu seperti: control, signal processing, statistics, financial.

No comments:

Post a Comment